Monday, November 12, 2012

You are Beautiful

Belakangan mo nulis aja kok ya ribeeettt banget. Dulu perasaan idup gw lebih sibuk tapi selalu ada waktu buat nulis. Malah ketika banyak waktu begini, ngga ada ide.

Jam menunjukkan 14.31 dan bos gw udah capcuscyin, ditambah hujan deras di luar sana, mulailah pasang headset, lagu baru download yang menurut gw udah cocok banget kaya di dalem Mbargo Legian.

Hayoo,, ada yang tau Mbargo?? Ngga tau?? yaudah gakpapa, hehehe...

Jumat biasanya menjadi hari "tunjukkan batik di lemarimu" di hampir seluruh perkantoran di Indonesia. Entahlah, apa ini mood gw yang emang hancur kacau balau dan untungnya bos gw ngga pernah komplain masalah pakaian gw yang ngasal, jeans dan baju tanpa kerah di hari APAPUN.

T__T Wottuduya'ni (kalo di translate ke Indo "trus mo gimana lagi??")

Ngomong-ngomong masalah penampilan, gw ada cerita nih.

Silahkan disimak.

Walaupun gw sekarang orang di balik layar, gw pernah kok jadi front-liner yang seperti gw ceritain dulu-dulu, representative dari satu company. We should dress perfectly, nice uniform, proper make up, rambut yang dioleskan gel rapi, ah damn, I will never do that kind of job again. Yang harus selalu senyum walaupun kadang gw lagi ngga pengen senyum entah karena nahan sakit perut datang bulan, lagi pusing, meriang, dll. 

Nah, sebagai orang-depan yang akan menghadapi orang banyak, ada begitu macam ekspektasi perusahaan dibebankan dipundak kita. Harus SELALU ramah, harus SELALU menarik, harus SELALU cantik.

Padahal, cantik itu kan relatif ya book. Menurut gw juga semua wanita itu cantik, kalo ganteng ya itu buat cowo.

Betul??

Seorang staff resepsionis di kantor gw terpaksa dipindah tugaskan ke departemen lain karena menurut salah seorang atasan bahwa dia tidak berpenampilan menarik.

Kok ya ironis. (kok ya di-hire dari awal)

Jaman sekarang menjadi "biasa" itu susah loh, di banyak lowongan pekerjaan kurang lebih isinya sama "good looking" entah di awal atau akhir iklan tersebut. Coba bayangkan, di jaman yang serba "heboh" begini, kita mesti rajin-rajin mompa semangat, remind ourselves how great we are.

Ini fakta dari beberapa interview yang gw datangi, banyak orang dan juga termasuk gw kadang minder sama penampilan gw pas interview. Gilaak yaa, kadang ini berasa mo ikut pemilihan Putri Indonesia. Malah, seorang wanita disebelah gw pernah meminta gw untuk mendandani dia karena merasa belum "gonjreng". 

T______________T

Sekarang CANTIK menurut media itu kaya apa, Wah putihnya, Heboh dandannya, Hebring wanginya, dan menurut gw udah salah kaprah banget. Coba deh lo pada liat, di salon-salon yang menghadirkan inovasi suntik vitamin C untuk membuat tubuh lebih putih padahal itukan suntik buat orang sakit/flu yang butuh asupan vitamin lebih banyak.

Dunia ini tambah lama tambah aneh. Tambah banyak orang yang mengkotak-kotakkan sesuai penampilan.

Jadi, sekedar TIPS aja nih buat para wanita-wanita diluar sana, mungkin untuk menghindari terjadinya kasus "merasa kurang cantik dan dinilai ngga cocok" sebenernya ngga perlu baju-baju mahal dan ke salon  tiap minggu. Rutin membersihkan badan, beli lulur yang murah-meriah aja trus luluran deh sendiri, menjaga kesehatan gigi, rambut jangan acak-acakan, jadi terhindar dari segala bau-bauan ngga sedap. Make Up juga ngga usah menor kaya penganten, normal-normal aja lah, jadinya yang liat juga ngga sakit mata.




(Gw sehari-hari di kantor pakai pelembab lebih banyak karena tempat duduk yang bener-bener ngadep AC dan jarang pake bedak, ngga pake blush on karena gampang iritasi, plus no-eyeshadow karena kesannya BERAT banget)

Semua wanita itu cantik, unik, tinggal kitanya aja menyiasati dengan pintar supaya MEDIA dan ORANG LAIN ngga merusak kepercayaan diri kita dengan menggambarkan bahwa cantik itu mesti Putih, Langsing dan Rambut Lurus. No No No. Still, love yourself girls :)


Dora



No comments:

Post a Comment