Monday, November 19, 2012

Be Smart, Save Your Money

Tantangan terberat tinggal di Jakarta bagi gw bukan MACETNYA, berhubung kantor gw yang deket rumah dan memang selalu santai setiap hari, jadi ruwetnya lalu lintas bukan sesuatu yang bisa bikin gw kejang-kejang, melainkan SHOPPING.

Yupp.. B-E-L-A-N-J-A

Mungkin ini dialami oleh setiap wanita kali ya, bukan cuman gw seorang. Kita semua tau, kalo yang namanya Jakarta itu tempat dimana lo nyari apa aja pasti ada. Mo baju murah meriah, buku-buku bekas berkualitas, tempat main atau hang out yang seru dan makanan dengan berbagai macam ciri khas.

Gw saat ini sedang terkena sindrom kerja kantoran yang berpakaian bebas-rapi. Beda ama tempat gw kerja dulu di Arab sana yang selalu tampil "heavy" dengan uniform berjaket dan topi maroon di kepala. Gw pun menyadari, selama disana gw jarang belanja pakaian. Selain harganya yang emang mahal, pilihannya pun sedikit. Ngga jarang, teman-teman gw memang agak "kesetanan" belanja online sampai jutaan rupiah ketika berada di Indonesia. 

Menyadari gw kurang gaul selama di luar negri karena jam kerja (sekitar 10-12jam kerja per hari) yang emang GILA dan ngga memungkinkan untuk jalan-jalan cantik atau window shopping, kebanyakan weekend dihabiskan untuk tidur dan olahraga untuk menjaga stamina biar tetep fit. Menjadikan gw agak GALAU ketika kerja kantoran, kok baju gw ini lagi, ini lagi?? (#alasan)

Okeee, akhirnya gw mulai "menabung" baju kerja, tapi tetep merasa kenapa itu lagi itu lagi?? (padahal ada 1 baju yang BELUM pernah gw pake tapi karena kesalahan gw yang pas mo make ehh kancingnya lepas jadi baju itu masih tergantung di lemari belum sempat gw benerin).

Tapi, apakah shopping-addicted gw dalam tahap membahayakan?? Kalo menurut gw sih ENGGA. Kenapa??? Karena gw membelanjakan uang yang memang sudah gw siapkan sebagai Entertainment-Money-Ok-to-Spend-For-Shopping.

Begini, ketika menerima sms "Enjoy Your Salary", gw akan langsung memindahkan uang gw ke rekening lain untuk ditabung, men-transfer ke beberapa post kewajiban gw (uang sekolah, uang belanja bulanan,dll), membayar tagihan kartu kredit (jika ada dan memang selalu ada :P), menarik uang mingguan untuk makan, bensin, belanja.

Ini yang mungkin engga semua orang lakuin ketika mereka nerima "salary-day", karena dengan menggunakan pos-pos pengeluaran tadi, alhamdullilaaaah, tetep bisa nabung dan belanja sesuai dengan budget.

Karena menurut gw sih, engga perlu mahal, standard aja. Walopun kadang pengen punya barang-barang yang emang berkualitas tapi mengingat gw orang yang ceroboh dan serampangan, rasanya percuma. Punya sepatu harga 700ribu tetep dipakenya sama kaya yang harga 150ribu. Jaket yang harganya 900an ribu tetep aja jarang dipake, tas harga 1.5juta tetep aja ngga nyaman buat jalan karena ternyata bahannya berat dan bikin pundak pegel. Makanya, mending yang biasa-biasa aja :D

(Oh ya, menurut gw ketika membeli pakaian itu merk nomer sekian karena banyak kok yang murah meriah dan enak dipake. Tapi untuk sendal/sepatu kerja, baru deh diusahain yang emang berkualitas mengingat kita bakal pake itu SEHARIAN di kantor apalagi kalo HEELS)


Eniwei, one week more to go. Kantong udah mayan bolong-bolong.
Tolonnnngggg... tolonnnnnnnnngg, segerakan gajian ya bos :P



Dora


No comments:

Post a Comment