Sunday, December 16, 2012

Jakarta Keras, Ciyusan??


Ketika hijrah pertama kali ke Jakarta gw ngga punya ketakutan sama sekali bahwa Jakarta akan "menelan" gw bulat-bulat. Gw kira, everything is gonna be FINE(selama gw di jalur yang benar,hahaha).

Sering kan kita denger "Jakarta itu Keras meen" atau "Ibu kota lebih kejam daripada Ibu Tiri", Land of Opportunity yang sekarang berubah menjadi Land of Opportunist. Jakarta ibarat hutan belantara dan berlaku hukum RIMBA, yang kuat yang bertahan. Gw sendiri engga kepikiran akan menjadi salah satu dari bagian kemacetan Jakarta, bayanginnya aja udah riweuh banget. Ya polusi, ya tingkat kriminalitas, pengamen yang bertaburan di setiap lampu merah, pengemis, pura-pura cacat, kakek-nenek, pak Ogah yang ada di pertigaan atau U-turn, bikin banyak orang berfikir RIBUAN kali untuk menginjakkan kaki di Jakarta.

Yaak, kalian emang harus berfikir ribuan kali kalo mo pindah ke sini. Kita ambil contoh mulai dari:

1. Transportasi
Walopun digadang-gadang bahwa Bus Transjakarta bakalan ditambah seribu armada di tahun 2013, tetep aja naek angkutan umum di Jakarta itu cukup berbahaya. Para pria-pria gila yang ngga kuat nahan nafsu malah sengaja sempit-sempitan trus ambil kesempatan buat mastu*bate di dalem bus. Demmmmm. serem.

Naek angkot?? Siap-siap di hipnotis.
Naek taksi?? Siap-siap di rampok.
Naek kopaja?? Siap-siap di copet.
Naek mobil sendiri?? Siap-siap MACET.
Jalan kaki?? Siap-siap diserempet Motor.

Kamu Siap???

2. Makanan
Apa yang engga bisa kalian temuin di sini?? Makanan dari Sabang sampe Merauke pasti lo bisa cari, kalo engga ada, ya kalian yang bikin di Jakarta. #ide bisnis

Mulai dari gerobak sampe food court banyak banget bertebaran, tapi kita mulai bahas makanan kampyung yang muwrah mewriah.
a. kerupuk kulit
Siapa suka kerupukkk??? angkat tangaaannn!! Enak kan?? So pasti, apalagi di rumah makan Padang udah biasa banget nemu ni kerupuk tapi Udah tau belum ada yang bikin kerupuk kulit dari kulit asli, yaitu KULIT BEKAS SUNAT. ANJROOOOOTTTT SEREEEEEEEEMM BANGET CYIN. yaaakk, bisa coba deh jajanan khas baru kota Jakarta, Kerupuk Kulit Sunat!!! #huekk

b. Makanan Gerobak dan Minuman
Oke, emang murah meriah, dengan duit 5ribuan juga udah seru banget dapet Batagor, Siomay atau Bakso.
Tapi, ada yang perhatiin engga, kalo makanan di gerobak, CUCI PIRINGNYA gimana?? kan paling cuman disediain satu ember yang udah BUTEK banget. Belum lagi, ada seorang yang posting di socmed dia pernah makan pinggir jalan dan nemu..... *drum troolllllllllll*
- Kaki Kecoa
- Rambut/bulu halus kaya bulu tikus

Belum lagi kenyataan bahwa banyak warung kaki lima yang demi menekan cost rela:
- Ngambilin nasi sisa buat dimasukin lagi ke magic-jar, diangetin lagi.
- Numpahin ES TEH/ Kelapa Muda sisa ke dalem gentong gede untuk dikasih ke cust.laen

Kemudian, Gorengan di pinggir jalan yang diberi PLASTIK demi kerenyahan si gorengan. Plus sederet zat pewarna, formalin/bahan pengawet, daging busuk, daging TIREN (mati kemaren) yang diolah dan dijual bebas.

Atau ES BATU yang dibuat dari air KERAN, Es Batu per Balok yang dihancurkan pake BESI karatan. Iuuuuuuuuwwwwwwwww

Masih berani makan di warung kaki 5 atau gerobak dorong engga jelas di Jakarta??? 

Nah ini sangat menarik perhatian gw, coba bayangkan berapa banyak racun yang saat ini lo telen? pernah kepikiran engga bahwa jaman sekarang banyak sekali keluarga yang SUSAH mendapat keturunan dibanding ibu bapak kita jaman baheula yang contohnya alm.bokap gw aja 10 bersaudara. Trus, banyak sekali kelahiran bayi yang cacat, engga ada *maaf* anus lah, paru-paru bermasalah, katup nya ngga sempurna, bisa jadi itu karena MAKANAN kita yang engga di jaga. Sayuran udah jarang dimakan, Junk Food selalu jadi pilihan atas dasar kepraktisan. Bagaimana nasib anak-anak masa depan?? 

Gimana nasib ANAK GW NANTI?? Setelah nulis ini, gw bakal review tempat makan gw. NO MORE kaki lima/street food bukan karena sok-sok an, tapi ini demi my future-child, gw sama seperti (calon) orantua lainnya yang cuman pengen anaknya sehat lahir batin dan utuh normal kaya gw dulu dilahirkan.

3. Pekerjaan
Oh yeah thats true kalo Jakarta punya BUANYAAKKK kerjaan buat elo semua, makanya banyak yang pindah ke Jakarta karena emang lapangan pekerjaan itu sangat menarik di sini, belum lagi fakta UMR lebih tinggi dibanding kota-kota lain (Saat ini UMR sekitar Rp 2.2juta)

Tapi apa iya gampang?? Entahlah, menurut gw sih itu tergantung EXPERIENCE dan Strata pendidikan di CV kalian, menarik tidaknya ya tergantung HRD.

Bagaimana ketika sudah bekerja eh malah banyak konflik?? Ohh sudah biasa itu. Konflik internal itu ngga mungkin engga dihindari dan disetiap kantor selalu ada POLITIK. Entah itu politik balas budi atau politik cari aman sendiri #ngelindur.

Intinya, politik itu engga cuman ada di Senayan. Tapi juga disekitar kita, pintar-pintarlah menjadi manusia di Jakarta. Banyak yang palsu,senyum palsu sampai alamat palsu. Begitu juga berpolitik dengan atasan, ada yang gayanya bak Queen Elizabeth, ada yang cabul, atau malah sebenernya engga pantes dijadiin atasan. 

Dari TIGA hal penting tadi aja, gw yakin setiap yang baca ini sudah siap-siap bongkar balik koper kalian yang tadi siap dikemas. Kenapa?? Karena menakutkan untuk tau realita kehidupan Jakarta dan gw sampe detik ini masih suka dengan keLUGUan gw tentang kehidupan Jakarta. No dugem, No night life, No alcohol gw masih Tika yang sama kaya setahun yang lalu, 2 taun 3 taun lalu sih yaaaahh ngga usah ditanya. Hahahahaha. 

So, that's it for today.

Enjoy Jakarta, Enjoy the life wherever you stand right now.




Adorable

No comments:

Post a Comment