Saturday, August 31, 2013

My Tipping Rules


Kalian pernah bermasalah ngga sih sama Tipping??

Serius nih. Nanya.

Waktu jaman kuliah dan kere sih ngga kepikir kali ya mo ngasih tips setiap kebetulan pergi makan sama temen atau pas lagi ke toilet mall, dll. Pernah kan kepikiran, ngapain ngasih tips? Kan mereka udah dapet gaji.

Bener juga kan? mereka di gaji memang buat melakukan pekerjaan tersebut, kaya waiter/waitress.

Tapi dari dulu, gw diajarin tante gw, ngga ada salahnya kasih selipan. Toh cuman sekali-sekali perginya, atau kalau bisa jadi langganan mereka akan semangat liat lo dateng.

Bener juga kan. 

Jadi, dari dulu mulai dari nyalon, lulur/spa, ke toilet (malah kadang emang bayar), makan, dll.

Hanya saja, semakin ke sini  *(ke sini kemana tik??? ) gw semakin selektif untuk memberi tip. Jangan ngetawain loh, kalopun sekedar kasih 5ribu rupiah, lo ngga tau bisa jadi itu buat nambah-nambahin dia beli pulsa??

Kaya potong rambut nih, yang cuciin rambut kasih 5ribu. Yang motong rambut lebih gedean kalo misalnya PUAS sama potongannya, ya bisa kasih 20ribu. Apalagi salon rumahan favorite gw di dalem komplek perumahan Halim, yang sukses ngebabat rambut panjang gw jadi ciamikkk, potong rambut doang mah ngga sampe 50ribu. Dulu seringnya potong di salon mall-mall, MEHONG PULAK, pasti lebih dari 100ribu. Cuci, Potong, Blow, harganya beda. Jadi, kalo di salon langganan gw, keluar duit 100ribu plus tips ke staffnya sih ngga masalah. Cuman, sebelnya, kadang mereka CURANG. Gw cuman minta blow biasa, eh malah di blow kaya mo ke KONDANGAN. Pake kriwel-kriwel sosis, lahh, gw pan ngga mo kemana-mana malliiiiihhhhhhhhhhhh.

Nah, tante gw malah lebih parah dulu. Kadang ngasih tips ke staffya lebih banyakan daripada bayar jasa salon tersebut. Selalu bilangnya, kasian.

Beberapa tahun lalu, gw pernah kerja di hotel. Dan sudah hal lumrah untuk dikasih tips, apalagi kalo di hotel bintang 5 kan. Gw sekedar check in kan klien, ngga pake nunggu lama, gw dikasih Australian Dollar, tapi ngga inget berapanya. Perasaan sih gw simpen di dompet….. dompet yang mana yaaaa… Auk deh. Pokoknya tuh duit gw simpen dan ngga gw tukerin, karena memang nominalnya ngga gede. Mungkin sekitar 50-100ribu juga.

Pas gw kerja di airlines, nah gw sering tuh ngurusin klien-klien yang sebelnya ninggalin barang di pesawat lah. Liquer mereka ketahan di custom lah. Emang sih, staff ngga boleh terima tips, tapi kadangnya mereka maksa, ya mo gimana??

Pernah nih, gw dikasih duit, DOLLAR, depan muka gw. PADAHAL CCTV ada di belakang counter gw. Ngga lucu banget kalo cuman karena tips gw di cut. Jadi, penumpang ketinggalan Paspor di pesawat dan gw koordinasi dengan staf cleaning nya untuk segera balikin tuh passport karena penumpang ini adalah group yang harus berangkat ke penerbangan berikutnya. Seinget gw orang Korea deh. Itukan kewajiban gw, bantuin penumpang. Eh, pas passpornya dapet, tuh orang NGGA KAPOK balik ke counter gw lagi dan kasih gw sebungkus PERMEN. Tapi anehnya, permen ini udah kebuka. yaelaah, ngasih kaga ikhlas.

Dan ternyataaaa.. di dalem bungkusan permen itu ada uangnya. HAHAHAHA. Berhubung plastiknya buram dan ngga transparan, jadi ngga kentara keliatan kalo ada duit. Yaudah, rezeki masa di tolak? Masa gw ngejer-ngejer tuh penumpang balikin duit??

Karena di airport, otomatis ada duty free dong, Ngga jarang penumpang yang makasih banget ama staff, beliin sesuatu dari duty free ini. Ada juga yang kasih gw COKELAT setelah berantem sama gw abis-abisan di counter, dan untuk case yang ini gw beneran pengen balikin coklatnya karena tuh orang sumpah ngeselin abis. Eh tiba-tiba dia taro tuh cokelat dan KABUR padahal gw udah berdiri mo balikin. Temen gw juga ada dikasih Parfum, ah banyak deh cerita-cerita kocak.

Ternyata, simple gifts make people happy. Bukan karena nilainya yang mahal, kadang permen sebungkus, dibagi ke temen-temen, (kalo duit simpen sendiri lah ya,ahahahaha). Tapi lebih ke apresiasi orang tersebut. Emang sih nolong mah nolong aja, tanpa pamrih. Kalo dapet hadiah itu Bonus aja. But who doesn't like bonus?? Bonus tahunan apalagi. beuuuhhh.. cakep.

Balik lagi ke salon-salonan, tips itu NGGA WAJIB. Mungkin bagi gw sekedar penanda kepuasan gw atas service mereka yang baik. Kalau misalnya di restoran, gw liat dulu bill nya. Biasanya ada Service tax selain tax restaurant, gw ngga kasih lagi ke waiternya karena mereka udah "masang harga" di bill gw tadi itu. 

Tapi selain di bidang jasa tadi, coba deh sekali-kali, kalian kasih tips ke tempat ngga biasa. Misalnya, penjaga mushola. Kalo lo sering ngemall dan solat sering "numpang" disana, apalagi tempatnya bersih, mukena nya wangi, ngga salah kalo selipin duit ke ibu-ibu yang ngepel bekas air di lantai tempat wudhu. 

Ke Janitor, ke tukang sapu, messenger di kantor lo, driver lo, dll. malah menurut gw ini lebih bagus daripada kasih ke peminta-minta berkedok pengamen gak jelas bersuara fals yang modal Aqua diisi pasir doang di lampu merah. 

Just saying loh ya.. Kalo duit tips nya malah jadi sedekah ya bagus kan? Tapi kalo mo sedekah ke pengemis, ngga usah mikir mereka ada komplotannya kek, organisasi apa kek, ngasih-ngasih aja. Yang penting ikhlas.



Adorable

No comments:

Post a Comment