Thursday, July 26, 2012

Part 1 : Jobless Dignity


Mengantuk di saat puasa itu cobaan banget ya sodara-sodara, ini untuk pertama kalinya dalam hidup gw, puasa full nganggur. Jaman gw sekolah dulu, emang pernah sih libur sebulan penuh ketika alm.Gus Dur jadi presiden, tapi guru-guru tentu "ngga seneng" dengan libur penuh ini dan menghadiahi kami tugas merangkum dan homework yang berlebay-an. #saat itu alay, lebay, belum IN.

Eniwei, ngomong-ngomong masalah jobless. Gw search di inet organisasi.org, ada 4tipe jobless:
1. Pengangguran Friksional, yang sifatnya sementara.
2. Pengangguran Struktural, karena SDM yang tidak memenuhi kriteria perusahaan.
3. Pengangguran Musiman, karena fluktuasi kegiatan ekonomi.
4. Pengangguran Siklikal, imbas dari siklus ekonomi.

Ini berkaitan dengan cerita di bawah yang baru aja gw alami kemarin. Ceritanya bakal agak PANJANG, siap-siap deh itu kopi dan cemilan.

Siap??

Di minggu pertama July, gw gencar banget mengirim surat lamaran ke berbagai perusahaan. Menurut temen-temen gw, better kalo gw punya account di Jobsdb dan apply job secara online. Hareee geeenneee kan ngga jaman lagi lah ya,nenteng-nenteng cv dan mondar mandir perusahaan-perusahaan bak jaman baheulaaa diiringi lagu Iwan Fals, itu udah out of date. Ngga jamannya lagi nyari kerja begitu. Di era yang serba praktis, internet dimana-mana, sebuah pertanyaan besar kalo masih ada yang rela panas-panasan. Mo kerja di kantor apaan??

Gw tunggu, prosesnya ternyata tidaklah cepat. Setidaknya butuh seminggu proses pemanggilan bahkan lebih,memang butuh kesabaran ekstra. Tapi itu hanya seminggu saja, lepas dari minggu pertama gw udah ga ngirim lamaran karena memang ada sesuatu hal yang belum bisa gw bicarakan di sini. Bukan,, bukan karena gw nunggu "lamaran" yang laen, bukan itu. Additionally, gw pikir, toh ini sudah mau lebaran, sepinternya gw selama kerja di Indonesia, resign massal biasanya setelah lebaran, after THR dan bonus-bonus tahunan keluar. Ini pengalaman gw juga beberapa tahun lalu. Jadi, tunggu aja yang perlu ditunggu, santai aja karena ngga ada yang ngejer-ngejer gw mesti kerja soon.

Gw udah melewatkan serunya lebaran di rumah selama 2tahun, gw ngga mau mengacaukan berkah jobless. Berkah? Iya dong, kan kumpul keluarga, hehehe, gw ini anak rantau, biasanya cuti, seminggu dua minggu. Nah, ini mereka bisa liat gw sampe dua bulan kan berkah banget. Impactnya CUMA satu, ngga bisa seenaknya BELANJA, selebihnya ngga ada. mereka tahu gw bukan orang yang doyan leyeh-leyeh tentang KERJAAN yah jadi kalo sekarang gw emang "menolak" bekerja, mereka anggap sebagai hadiah atas kerja keras dan untuk merelease stress setelah 6tahun bekerja tanpa henti. 

Berawal dari background cerita nganggur gw, membawa MISS-UNDERSTANDING oleh orang yang akan meng-HIRE gw. Karena dia kira, gw MENGEMIS kerja.

Setelah mendapat invitation dari salah satu perusahaan gw awalnya enggan untuk melanjutkan interview session karena gw masih keukeuuh, "Sabar Tik". Tapi entah kenapa, gw ngga langsung menolak. Alasannya waktu itu ada TIGA, 
1. Kantornya ngga terlalu jauh dari rumah gw, naek taksi +/- RP 50k
2. Sistem walk-in yang artinya gw NGGA mesti dateng pagi. Sesuka gw between jam 9am-2pm.
3. Gw takut "nolak" rezeki berimbas nantinya ke interview berikutnya.

Besoknya, setelah gw siap dengan bussiness attire, heels hitam, gw bengong di depan kaca dan rasanya ngga pengen pergi. Gw BBM Dona dan Mbadak Tania, kompak dijawab, PERGI ajaaah!! Buruan. Satu hal yang juga bikin berat kalo ngga pergi, gw udah pake MAKE UP!! Rasanya sayang banget kalo mesti di apus. Hehehe, ahh woman, guys will never understand about this.

Jam 1 Siang gw sampai di daerah Kebayoran Baru. Sebelumnya gw memang udah nyari-nyari company profile, ini penting bagi pelamar kerja untuk mengetahui gambaran perusahaan seperti apa yang akan dimasuki. Cek ricek selesai, TERNYATA ini Outsourcing Company, kaya AGENT yang nyalurin ke perusahaan yang butuh SDM. Beberapa orang enggan masuk outsourcing karena takut GAJI melewati agent dan DIPOTONG tapi biasanya, outsourcing sudah mendapatkan IMBALAN per kepala dan tidak ada hubungannya dengan gaji kita jika diterima bekerja melalui mereka.

Pikiran gw-pun saat itu masih "Oh, gw dipanggil buat kerja di kantor mereka bukan buat disalurin" dan itu ternyata BENER sodara-sodara.

Ada beberapa orang yang sudah antri untuk di interview, ruangannya kecil, ada 3 sekat tapi hanya sekat pertama yang di pakai. Gw menunggu di ruangan sebelah, mengisi CV yang mereka sodorkan ke gw dan mengisi psikologi test, ngga banyak hanya 3lembar aja dan ngga terlalu ribet. Standard.

Gw memperhatikan beberapa hal kecil selama gw menunggu, yaitu memperhatikan pakaian dan cara menjawab selama interview berlangsung. Memang, sekat-sekat yang dibuat tidak tertutup jadi bisa di dengar dari ruangan sebelah. Ini yang membuat gw udah ngga sreg dari awal. Ini perusahaan abal-abal batin gw, interview session adalah dimana lo ALL OUT dan "JUAL DIRI". Jika ada 3 orang melamar posisi yang sama dan diinterview bersamaan gw sih menganggap itu wajar, menurut gw itu Open Competition. Tapi bagaimana dengan 3 orang, 3 posisi beda, diinterview barengan?? 

Setelah melewati beberapa interview, gw stick to the rules, WAJIB Business Attire:
1. Blouse atau kemeja
Udah ngga trend juga pake kemeja putih kaku kaya mo upacara bendera, pilih yang simple, tidak terlalu mencolok, tidak seksi. Jual diri bukan berarti jualan yang sebenernya. Pokoknya kesan Rapi dan Proffesional itu penting.

2. Natural make-up
Bukan gothic, bukan untuk party, malah ada yang ngga pake make-up sama sekali, usahakan setidaknya pake bedak dan lip gloss jadi ngga pucat. First impression itu penting loh. Ngga perlu yang dandan heboh, karena gw inget ada temen gw yang gagal interview karena BULU MATA PALSUNYA terlalu keliatan PALSU, lebat heboh kaya mau karnaval.

3. Trouser/skirt
Selalu, selalu, selalu pilih bahan yang nyaman. Tidak ketat dan tidak terlalu pendek.

4. Less accessories
No antingan panjang atau bulat besar kaya mo maen holahop. Jangan terlalu banyak blink-blink. Keep it simple. Gw biasanya mewajibkan diri gw dengan jam tangan dan anting kecil biar lebih feminin, mutiara is the best.

5. Heels
Pantofel hitam wajib untuk dimiliki setiap wanita, aman di setiap wawancara. No wedges, no ANKLE BOOTS. Apapun warna sepatunya, usahakan senada dengan baju biar matching aja sih.

Apa yang gw liat kemarin bener-bener bikin gw mikir, ini apa karena perusahaan ngga ngasih tau dress codenya atau emang dasar pelamar aja yang sesuka hati datang dengan segala dandan heboh. Masa ada yang PAKE LEGGINGGGGG!!! Oh Nooooooo!!!

#asma kumat #kepala kunang-kunang #butuh nafas bantuan

Tibalah giliran gw di interview, karena memang gw merasa perjalanan gw ke kantor ini karena sekalian jalan-jalan aja ngilangin bosan di rumah dan buat refresh otak gw dengan ide-ide tulisan baru, gw menjawab pertanyaan alakadarnya saja tapi tetap dengan gesture yang baik dan BAHASA yang baik. Ketika si pewawancara berkesan friendly bukan berarti kita harus bisa gaya lo-lo-gw-gw.

"Oh kamu orang baru ya di Jakarta??"
"He eh"
"Asli mana?"
"Makassar pak"
"Kenapa pindah??"
"Apa yah,, uhm, ngga enak aja di sana. Mending saya nyari kerjaan di Jakarta pak. Mo cari suasana baru, gitu ceritanya"

#Gw yang denger langsung asma part 2!!!! Panggil segera taxi Ferarri buat nganter gw pulang plisss!!

Oke, skip. Next!!

Oh ya, for your information, posisi yang gw lamar saat itu adalah sekretaris, dan setelah interview dengan Bapak A. Ngga seperti pelamar yang lain, setelah di wawancara langsung pulang nunggu kabar. Gw di refer ke Bapak B di lantai 2 untuk wawancara lanjutan. Seperti yang gw bilang, feeling gw bener, ketika mereka manggil gw untuk bekerja di kantor mereka bukan untuk di salurkan lagi. Bapak A bilang, ada posisi Sekretaris Direksi yang masih kosong. Dan di Bapak B, gw diinterview untuk posisi Personal Assistant setelah melewati wawancara singkat berbahasa inggris dan strong point yang gw jual.

Bapak B sepakat untuk melanjutkan interview dengan pimpinan langsung untuk bernegoisasi masalah gaji. Uhm,, ini seharusnya hanya interview biasa kan? Dan gw mulai panik. Karena ini lebih dari ekspektasi gw, gw langsung menghubungi orang-orang terdekat gw discussing what to do next. Intinya satu, offer/benefit bagus, take it. Ngga bagus, leave it.

And here we goooo,, ehmm, tapi... tapi.....

Eh ceritanya udah panjang banget ini, sambung ke part 2 aja yah :D



Adorable




No comments:

Post a Comment