Tuesday, July 31, 2012

Fairy-tales, Do You Believe in Happily Ever After??


Kenapa ya, dalam sebuah relationship itu seringkali rumit, bahkan ada contoh skema seperti ini:

 Boy pacaran sama Girl, Boy suka cuek sama si Girl tapi si Girl cinta mati ama si Boy. Di lain pihak, temen si Girl ada yang naksir diem-diem sama si Boy, atau si Boy ternyata belum move on keinget sama mantannya yang udah Merit sama orang laen dan ada orang ke-3 lain dari si Girl, entah itu best friend yang jadi temen curhat atau temen lama yang "kecolongan" di salip sama si Boy. 

LOL. So complicated yaaaaaa. 

Karena kita ngga bisa untuk mengontrol perasaan orang lain ke kita, tentu aja hal kaya begini tidak terelakkan. Lagian siapa yang bisa??

Suka tidak suka, mau tidak mau, skema seperti ini pasti ada menyelusup di antara yang baca. Kenapa begitu rumit? Harusnya sederhana aja kalo kata Sapardi Djoko Damono,
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana;
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana;
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada


***


Sebagaimana cerita cinta, aplikasinya ngga ada yang sederhana. Kalo cinta itu sederhana, ngga mungkin Sinetron Tersanjung butuh waktu sampe 7 TAHUN untuk sampai ke episode terakhir. Kalo sekedar jatuh cinta, ngga mungkin bikin Farel dan Fitri bolak balik jatuh bangun di Sinetron Cinta Fitri sampe 1002 episode, 7 musim, 4tahun.

Cuman sekedar berkata cinta emang sederhana, tapi prosesnya dan orang-orang yang bikin ngga sederhana. Banyak konflik dan intrik yang jadi bumbunya, ada yang selamattt bisa sampe pelaminan, ada yang cinta ngga kesampeaaaaan, ada yang bertepuk sebelah tangan, ada macem-macem.

Ngomong-ngomong, ada yang tau ngga, cerita cinta Walt Disney itu ternyata ngga semuanya Happily Ever After seperti di Ending Film dan ada yang MENYERAMKAN?? Ngga tau?? Cekidot.. 

1. PUTRI DUYUNG
Si cantik nan semampai dengan udel kemana-mana ini ceritanya naksir sama Pangeran di darat, sedangkaaan dia sendiri adalah Putri dari kerajaan Neptunus bawah laut, yang setengah badannya manusia dan setengah lagi ikan. Perbedaan dunia ini justru membuat liku-liku cinta si Putri nambah rumit dan membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Mulai dari meninggalkan keluarga dan teman-teman di kerajaan laut demi bersama dengan yang terkasih.

Saking naksirnya sama si Pangeran, Putripun rela menukar suaranya yang merdu dengan sepasang kaki melalui penyihir jahat. Ada banyak versi dari Putri Duyung ini, salah satunya yaitu ketika sang Putri yang akhirnya berhasil mengalahkan si penyihir, mendapat suaranya kembali dan menikah dengan pangeran yang dicintai. Bahagia, dua dunia, lahir batin.


Cerita asli dari penulis bukunya:

Gw ngga tau apa si Putri ini beneran dapet kaki dari nukar suaranya ato entah keajaiban darimana, yang pasti, ketika Putri duyung berhasil keluar dari laut. Dia menyimpan senjata tajam sejenis pisau di dalam rambutnya yang lebat, sehingga jika ada orang-orang yang mencurigai atau mulai mengetahui darimana asalnya, dia akan MEMBUNUH orang tersebut, tentu saja untuk melindungi identitas kerajaan Neptunus. #Weww killer!!

Jangan tanya gw juga, pisaunya kaya apa, gimana cara si Putri bawa pisau dalem rambut, mungkin dicantelin di rambut extensionnya. Who knows?? #ngaco

Sayang beribu sayang, cinta Putri duyung ternyata bertepuk sebelah tangan. Menurut Veti Verra:
"Bertepuk sebelah tangan.... mana mungkin"
"Bikin capek aahh"
"Bikin repot ahhh"
"Ahhh repoooot"

Naahh, dilihat dari sisi anak gahul, bisa jadi si Putri di MODUSIN atau di PHP-in (Pemberi Harapan Palsu) sama si Pangeran atau malahan si Putri yang SMS, Salah Mengartikan Sikap dari si Pangeran. Bisa jadi, Pangeran cuman mauTTM-an. See, dari jaman dulu, cowo itu emang begitu sodari-sodari, mesti ati-ati ya. #pake kostum Bang Napi terus teriak, WASPADA WASPADALAAAAHHHH!!!

Pangeran pada akhirnya memilih menikahi gadis lain, Putri duyung gimana? Dia bunuh diri coy dengan pisau di rambutnya tadi. Sekian. Tidak Happy Ending. #alunan lagu Adele, Someone Like You berputar.

Naaaahhh, selama yang gw tau, kitapun masih bisa melihat Ikan Duyung, tapi bukan lagi semampai dan seksi dengan BEHA kerang laut, namanya kalo ngga salah Sea Cows atau Dugong. Ada kok di Sea World Indonesia, ngga ada cantik-cantiknya, tapi hewan laut ini selalu mengeluarkan air mata, yang diartikan air mata kesedihan atas cinta yang ga kesampean, ini lah yang disebuuuut, apa anak-anaaaaakk??
Betuuul.... Air Mata Duyung, seringnya sih di pake buat wewangian kain kafan.


Quote for Mermaid Story:
Life is trial and error, every relationship is not meant to work. Sometimes you're just meant to learn the lesson.

Kenapa harus bunuh diri sih Putri?? Gw yakin yang mau ama Putri itu banyak, emang cowo cuman Pangeran itu doang?? Masih banyaaaak pangeran-pangeran ganteng lainnya. Misalnya, si B*BU dari Kelantan.. eh itu bukan ya?? iya sapa kek, ahhh, gitu aja bunuh diri #masih sedih


2. CINDERELLA
Awal cerita cinderella berasal dari Cina, bercerita tentang Ibu tiri, saudara tiri, Cinderella dan si Ikan Ajaib dan Sepatu Emas. Tauuu kan si ikan yang bisa  ngomong?? yang bisa mengabulkan permintaan apa aja? Nah itu awalnya, namun oleh penulis dari Perancis, kita baru mengenal Cinderella yang sekarang ini. Uhm, kisah cintanya di mulai ketika Cinderella ingin sekali menghadiri pesta kerajaan, beruntung ia memiliki Ibu Peri yang membantu mendandani Cinderella.Ketika tengah malam, Cinderella harus segera pulang sebelum sihir Ibu Peri lenyap, tanpa sengaja ia menjatuhkan sebelah sepatu kacanya. 

 Singkat cerita, suruhan pangeran datang ke pondok mereka untuk mencari wanita pemilik sepatu kaca. Ketika sepatu di coba oleh kedua kakak tirinya ternyata tidak cocok dan ketika Cinderella mencobanya, uuuu laaaaa laaaaa, cucookkk neeekk!!! Happily ever after!!


Cerita asli dari penulis bukunya:

Ketika mengetahui adanya sayembara dari Pangeran, si Ibu tiri berusaha keras agar sepatu itu cocok di salah satu anaknya. Apa yang dilakukannya sugguh kejam:

1. Anak pertama, karena kakinya terlalu panjang, dipotonglah jari-jari kakinya agar muat di sepatu kaca tersebut. Awalnya pangeran percaya saja dan menikahi kakak tiri pertama Cinderella, tapi tak lama, ketahuan bahwa dia bukanlah pemilik sepatu kaca sehingga dia dikembalikan ke pada sang Ibu jahat. Tak kehabisan akal, anak ke dua pun disiapkan untuk mencoba sepatu kaca.

2. Anak kedua, kebalikan dari anak pertama, kakinya ternyata terlalu kecil sehingga longgar dan tidak pas dengan sepatu kaca tadi. Oleh si Ibu, maka digilaskan kakinya ke kereta kuda yang sangaaat berat sehingga kakinya membengkak. Again, Menikah. Ketahuan. Dikembalikan lagi ke ibunya.


Dari peristiwa di atas, kemudian dikenal, PAIN FOR BEAUTY, Cantik itu sakit jendral!! Jaman sekarang sama aja, coba ngacung, siapa yang tiap bulan rajin FACIAL?? itu udah berdarah-darah, bengkak seharian, tapi teteeep aja dateng lagi buat nyalon. ya kan???Akhir cerita, tentu aja Pangeran mengetahui bahwa Cinderella-lah pemilik sepatu kaca tersebut. 

Ketika Si Ibu dan kakak tirinya hadir di pernikahan mereka, pangeran sangat marah, mengusir mereka dari kota dan memerintahkan seekor burung untuk MEMATUK mata mereka bertiga sehingga mereka menjadi buta dan tinggal sebagai pengemis di jalanan.


Gimanaaa,, Sadis kan?? Ngga gampang loh sekedar minta maaf lalu cerita berakhir bahagia. Selain itu dari cerita Cinderella memberi tahu kita, Kadang untuk nemuin orang yang TEPAT butuh perjalanan yang panjang. Nah, orang yang tepat juga ngga selamanya SINGLE. Cinderella aja dapet DUDA, tapi Duda Keren dan Kaya Raya plus Pangeran pula. Jadi, jangan malu kalo jodoh kalian bukan LAJANG juga, diihhh ngga apa-apa kaleeeeeee. 


Quote for Cinderella story:
Never look back. If Cinderella went to pick up her shoe, she would not had become a princess.

atau bisa juga begini:

Mungkin jodoh kalian udah disiapkan oleh Tuhan, cumaaaaan lagi kesangkut sama orang laeeen. Sabar aja yaaa yang Jomblo :P

Triknya: Rajin-rajin jadi LISTENER untuk cewe-cewe yang udah punya pacar, kalo mereka curhat masalah cowonya, jangan cemburu, dengerin aja trus baek-baekin, sapaaa taaaau itu cewe jadi menyadari bahwa ELO ADALAH jodoh MEREKA yang hilang.  #tips dunia persalipan jodoh


NEXT.... Kembali ke lepitop.


At the end, kita semua setuju bahwa Walt Disney berhasil memodifikasi cerita cinta tragis bin seram diatas menjadi cerita yang layak tonton untuk anak-anak sehingga merekapun merasakan kebahagiaan seperti putri-putri tersebut. Sama halnya dengan kita semua., in our lives, shitty-things happened, ngga bisa dipungkiri kalo kita pernah kecewa, sakit hati, what ever it is, tapi we can not live in our past. Jadi tinggal dari kitanya, "memodifikasi" hidup kita supaya tetep semangat menyongsong hari esok dan tentu aja, tetep merasakan BAHAGIA. 

 Don't ever give up for love, coz Yes, every one of you derserves to have a happily ever after story :)


Sekedar IDE dari gw di era alay sekarang ini, mending buka bisnis "Bengkel Modifikasi Hati", gw yakin pasti laris manis dan menguntungkan karena banyak dijumpai hati yang retak, yang pecah berkeping-keping, yang susah move-on larinya ke status galau dan mellow. Hahahahahaha..





Adorable

No comments:

Post a Comment