Thursday, September 6, 2012

Musafir Ibu Kota

Gw tau, Blog gw masih sepi dari segala macam pernak pernik yang memang belum gw eksplore mo naro apa aja.

Eniwei, saat ini gw melaporkan bahwa bos gw sedang keluar kota til weekend. Kerjaan gw juga sedang tidak banyak, file semua rapi, laporan pun sudah berurut. So, I decided to write in this blog.

***

Gw sedang di state yang kacau balau, pikiran gw sedang tidak baik. Tidak sehat. Makanya gw jarang mengobrol dengan beberapa orang belakangan, gw demennya cuman ngomong sama tembok dan di depan laptop doang.

Lanjoooooottt....


Let's talk about M-E-R-A-N-T-A-U

Gw saat ini membayangkan kalau gw ini seorang musafir. Sudah banyak gurun-gurun yang gw lewati, gurun kecil bernama Jambi kemudian ke gurun Bali yang eksotika, (beneran) gurun Qatar dan terakhir bernama gurun Jakarta.

Disetiap gurun ada cerita, ada cinta berbeda tapi selalu sama rasa perihnya, tsaaahhh.. Eniwei, ini kita skip aja ya.

Oke, sekarang kita bahas "ilmu Musafir" ala Dora;

1. Musafir itu punya harta seadanya
Karena dia tau, dia ngga bisa bawa semua barang-barang di pundaknya. Ngga pernah kan liat musafir bawa kulkas? bawa seperangkat alat masak? bawa mie bekardus-kardus?? Ngga ada toh?? Makanya, barang bawaan musafir itu selalu simple. Baju, celana, sendal, topi, makanan dan minuman seadanya.

Harusnya gw belajar ilmu Musafir ini dari dulu, sayangnya pinternya gw suka telat. Setiap yang namanya gw pindahan dari satu tempat ke tempat lain itu ribetnya naudjubillah. Terlebih pas di Bali dulu sebelum gw pindah ke Qatar, Gw pernah punya baju satu lemari penuh, tas puluhan, sepatu, jam tangan, semua aksesoris cewe yang kalo lo bongkar kamar gw itu bisa bikin butik.

Untungnya dari pihak airlines mereka membatasi bawaan staff baru, walaupun gw sebenernya tetep kelebihan bagasi, banyak banget barang yang gw tinggal dan gw sedih. Tapi pas di Qatar, nambah lagi baju-baju walaupun ngga separah di Bali karena udah niatan gw ngga mo numpuk barang, tar ribet kalo gw resign.

Nah, after 8months gw balik ke Bali buat liburan alangkah kagetnya pas tante gw menyumbangkan SEMUA baju gw, tanpa sepengetahuan gw ke korban gempa di Jogjakarta. tanpa SISA. Abis. (Semua baju gw disimpan dalam kardus yang udah rapi banget karena gw tau tante gw ngga suka liat barang berantakan).

WHATTTTTTT.... baju gwwwwwwwwww.. Gw sih ngga nangis, lagian gw juga udah lupa baju yang mana aja, cuman kalo liat foto-foto gw, Oh my God, ini kan baju kesayangan gw!! tapi, karena ini buat korban-korban, ya ikhlas aja kali yah. Toh dikasih ganti baju yang lebih banyak kok.

Bener aja, ketika gw resign dari Qatar, barang gw cukup bisa di handle tapi bukan berarti ngga excess ya. Pakaian yang ngga pengen gw bawa, lagi-lagi gw tinggal supaya ntar bisa di sumbangin barengan sama barangnya roommate gw yang juga numpuk. Magic jar yang dulu gw bawa dari Indo-pun gw hibahin, sendal kamar, flat shoes, tapi ada sepatu lari yang gw jual ke dia, hehehe. Iseng aja sih.

Dari 40kg allowances, kayaknya bawaan gw sampe 60an-kg terdiri dari satu koper besar dan 3 hand carry.

Goshhhhhh... Women!!! always always alwaaaaayyysss has problem with their things :D

2. Musafir itu Sederhana
Ini masih ada kaitannya dengan point pertama sih, gw orang yang masih belajar untuk sederhana. Tidak berlebihan. Apalah daya, kadang tetep kebablasan. Balik lagi contohnya ya S-H-O-P-P-I-N-G. Gw belakangan demeeeen banget yang namanya Online Shopping, beli buku (ini buku worth banget tentang islam), beli kosmetik, beli baju!!!! Walopun akhirya agak nge-rem juga karena waktu itu gw masih ngandelin duit tabungan doang, belum dapet kerjaan tapi shopping lanjut. Parah dah.

Apalagi pas gw akhirnya dapet kerjaan, mulailah itu intip-intip credit card, dengan alasan "beli baju buat ngantor". Bener juga sih, secara waktu terakhir kerja, kan gw dapet seragam jadi baju yang gw punya kebanyakan ya baju kaos. Excuse bukan sih ini? Maafin yes... :P

Sampe tadi pagi pas pake baju dan celana baru, tetep ngerasa ada yang kurang. Kurang matching. Apa perlu sepatu baru warna cokelat juga??? Dan gw tersadar, NO, NO, NO!!! Gw ngga boleh shopping lagi.

3. Musafir itu ngga ada yang Obesitas
Karena apa? mereka makan secukupnya untuk melanjutkan perjalanan, tidak memuaskan hasrat makannya kaya dinas kebersihan. Jadilah gw setiap pagi sarapan di rumah, makan siang secukupnya dan menghindari NASI karena takut ngantuk secara office gw enak banget, adem. Sampe rumah, magrib gitu, baru deh gw dinner lagi.

Kenapa gw menghindari makan siang? sebenernya itu ke-parnoan gw semata karena ngga tau dimana Office Boy gw beli makanannya. Jangan-jangan di gerobak ngga jelas, entah ayam tiren, bakso tikus, belum lagi tangan si abangnya bekas megang apaan, HIYYYYYYYYYYYY.. SEEEEWWWRREEMMM

Jadinya, gw cukup menyimpan roti Marie atau crackers di laci gw buat jaga-jaga selama siang kalo gw kelaparan akut tingkat dewa.

4. Musafir itu punya kampung halaman
Kita yang percaya dengan kehidupan akhirat, tentu tahu benar, bahwa "kampung" kita semua itu ya Hari Akhir tersebut. Oke, kalo ngomongin akhirat "keberatan" bahasannya, gini aja deh, ambil contoh mbak-mbak TKW.

Pasti jarang deh liat TKW yang heboh pake emas berlian?? Tentu aja, karena mereka kerja buat dikirim ke KAMPUNG. Bikin ISTANA. Empangnya isi ikan lele ribuan, kebon-nya berhektar-hektar, ada mobil, ada motor, adaaaaaaa aja.

Nah gw??

Uhmm,, nabung sih tapi untuk kemaslahatan bersama. Taulah yaaa, gw ini sebagai salah satu supporter untuk keluarga gw. Sebenernya kalo gw mikir-mikir duit gw abis kemana aja, pas gw liat in-out cash flow gw ya balik lagi ke family. Hehehee, finally, gw ngga separah yang gw bayangin. Dan alhamdullilaaahh, kemarin gw udah buka tabungan di BRI Syariah. Jadi udah mulai misahin tuh, mana yang buat nabung, mana yang buat bayar tagihan ini dan itu.

Jadi jelas yaaaa, ilmu Musafirnya..

Jangan kaya di "perjalanan" karena dinikmati sendirian dan ngga kerasa habisnya, jadi selamat menjadi musafir yang baik dan benar. Keep healthy, keep slim and sexy, yhukkkyaaaa...





Adorable











No comments:

Post a Comment