Thursday, September 27, 2012

Size Does Matter :P

Sambil dengerin lagu Adele, Chasing Pavements di MySpace gw juga sekalian buka-buka website Kompas dan Detik. 

#ngga kerja lo??
Kaga.. 
#Enak aja.
Salahin bos gw kenapa ngga ngasih kerjaan

Nahhh ngomong-ngomong masalah kerjaan ini, gw mo bahas hal yang berkaitan dengan apa yang gw baca di Kompas.

Klik LINK-nya


Topiknya : Bedanya Bekerja di Perusahaan Besar dan Kecil

Frankly speaking, di masa loncat-loncatnya gw, gw pernah merasakan gimana bekerja di dua tempat tersebut. Perusahaan yang karyawannya di atas 1500 orang dan skala di bawah 50 orang.

Berada di dua atmosfer yang berbeda ini tentu membawa cerita yang beda-beda pula. Ada benefits tersendiri, hmm kita bahas dari skala besar dulu yah (berdasarkan pengalaman gw).

Oke, sisi positif-negatif dari Kantor Skala Besar:
1. Orang-orang di dalamnya diajarkan untuk terorganisir. Harus sesuai dengan rules and procedure perusahaan. Misalnya, Apply Cuti aja ada proses yang ngga bisa dibilang mudah.

Karena di kantor itu lebih dari 500an orang, untuk cutipun biasanya pake acara "rebutan" siapa yang duluan, dia yang dapet. Karena ngga mungkin cuti bareng rame-rame.

Kemudian, untuk proses reimbursement harus data lengkap. Tanda tangan dari atasan A, atasan B, dll. Jadi antara terorganisir sama RIBET itu memang agak beda tipis.

2. Bisa dapet pengalaman dari orang-orang daerah/negara lain. Jadi belajar culture mereka, saling bertukar informasi.

3. Karena orang yang terlalu banyak, jangan harap tuh ada OUTING. Atau ultahnya atasan A, B, C, ah paling banter bagi-bagi DONAT atau COKELAT.

4. Terlalu banyak orang bikin kerja ngga maksimal, misalnya nih kita kerja SHIFT pas shift udah mau abis tinggal lempar tanggung jawab gitu aja ke staff lain. Dan ngga tau kenapa, even kita doing something great, apresiasi itu ngga begitu terasa dari company. Ya itu tadi, saking banyaknya orang, management RABUN ngeliat orang-orang yang kompeten. Nah, masalahnya gw ngga suka maen kasar, sikut kiri kanan, jilat pantat, cuman untuk dapet pengakuan atau BIAR diliat. Ada quote yang barusan gw baca dari broadcast BBM temen gw:


"Learning to live WITHOUT recognition is a SKILL"

Ahh bullshit. 
Gw tau banget gimana rasanya ngeluarin best of the best lo, tapi ngga dihargain sama sekali. Pedih rasanya Jendral. Emang sih kita kerja sebenernya ngga perlu ngarep di Puja dan Puji tapi itu sebagai salah satu awareness dari management untuk menimbang-nimbang seseorang untuk promosi kenaikan jabatan. Lo mau kerja bertahun-tahun trus gitu-gitu aja??

5. Kemungkinan untuk jadi Follower itu cukup besar. Kebanyakan MANUT wae apa kata bos. Ngga bisa mengekspresikan diri tapi bisa jadi kalo kamu "one of the kind" yang bener-bener bisa outstanding, kesempatan untuk naik level dan pindah ke kantor lain (jika perusahaan memiliki CABANG yang banyak) itu sungguh terbuka lebar. Tapi JARANG loh yaaa. Tapi ada. Dikit.



On the other hand,


perusahaan yang berskala kecil justru membuat gw merasa lebih nyaman, 
1. Karena jumlahnya yang sedikit, untuk AKRAB dengan staff lain itu sangat gampang. Ngga kaya staff yang jumlahnya ribuan kadang kita cuman HAPAL wajah tanpa hapal nama. Jadi, lebih kekeluargaan. Sering jalan bareng, sering makan bareng, shopping bareng!!

2. Lebih fleksibel, mulai dari aturan-aturan perusahaan yang ngga perlu tanda tangan ini dan itu, yang penting si bos setuju yaa, udah apa aja lancar. Reimburse ini dan itu juga jadi mudah. Ngajuin Cuti juga mudah tapi jeleknya, karena staff sedikit, misalnya nih gw sekretaris seorang diri, kalo gw mau cuti gw wajib hand-over kerjaan gw ke HRD (masih related ke laporan bulanan) dan prepare semua dokumen dengan baik. Gw ngga bisa maen cabut aja dari kantor seminggu dan matiin hape gw, karena bisa jadi direktur mau buka file di komputer gw dan nanya password gw apaan. Atau dia nanya dokumen di dalem lemari gw. Mesti ninggalin kunci-kunci dan teman-temannya.

3. Outing tiap taun itu pasti. Belum lagi BONUS akhir tahun. Lebih mudah ngadain gathering-gathering, makan-makan kantor kalo ada yang ulang tahun.

4. Gw tipikal orang yang lebih MILIH kerja sendiri daripada TEAM, walopun gw bisa both sides. Kenapa sendiri lebih seru? karena gw pegang PENUH hak untuk melakukan kerjaan gw dengan gaya apa aja yang penting hasilnya sesuai dengan apa yang bos mau. Ngga ada rules atau procedure yang kaku, suka-suka gw. Dan paling males kalo kerja "dimandorin" dan nyamain ide, visi, misi ke banyak kepala itu menurut gw (kadang) ngga efektif menghasilkan SOLUSI. Adanya tambah ruwet karena tiap orang beda pendapat. Kalo gw kerja sendiri, ya otak gw langsung konek ke bos. Ngga usah share sana sini.

5. Di kantor yang berskala kecil, gw lebih nemuin kenyamanan gw, merasa lebih dihargai, merasa lebih punya power, merasa lebih diperhatikan, merasa dipenuhi kebutuhan yang gw mau. Kalau kita memang "menonjol" cepet ketahuan, apresiasi perusahaan ke kita itu nyata. Berkembang atau tidaknya kita, itu sih tergantung dari diri kita sendiri. Kantor gw ini memang masuk ke dalam group Sinar Mas. Dimana kerjaan ini sebenernya berdasarkan PROJECT, kalo project selesai yaaa kita juga selesai (skala 3-5tahunan). Nah ngga takut nganggur??

Coba bayangin, gw paling lama kerja itu 2tahun. Abis itu pindah deh, nyari lahan laen yang menarik, menantang, lebih menguntungkan. Sekarang project selesai 3-5tahun lagi, pernah denger JOBSDB atau LINKEDIN?? bisa jadi sebelum project selesai, sudah ada yang duluan nawarin kerjaan. Untungnya juga, ini perusahaan anak cabang. Selesai project ini, pasti ada project lain. Dibangun di daerah lain atau di transfer ke kantor utama. Jadi, no worries. Bahkan nih, yang ini aja belum selesai, ada pecahan dari kantor juga lagi buka kantor baru di daerah Ancol. See??


Again yah, gw ingetin sekali lagi BELIEVE itu kata-kata yang ajaib banget untuk kita tanamkan di diri kita. Percaya kalau kita punya KEMAMPUAN (ngga cuman GEDE bacot), percaya dengan ALLAH yang punya andil mengatur REZEKI kita. Emak gw udah bilang, "rezeki Elang kaga bakalan di makan Musang" intinya, semua rezeki itu ada yang ngurus. Dah lo kerjain aja apa yang ada di depan mata sekarang.

Yang jadi pertanyaan banyak orang sekarang palingan masalah di GAJI. Menurut gw, gaji sih ngga terlalu beda jauh ya bok, Profit perusahaan kan juga bergantung berapa jumlah karyawan. Semakin sedikit orang, yaaa artinya "pembagi" juga sedikit, bonus bisa makin gede. Trus juga masalah ASURANSI karena dikit orang juga, jaminan kesehatan kita bisa MAKSIMAL. Di kantor yang lama (skala besar) kalo sakit dibatasin biaya obat-obatan, ngga masuk scalling (pembersihan karang gigi), periksa mata. Justru di kantor yang skala kecil, adanya pembebasan untuk berobat, kalo rawat inap malah VIP (siapa aja, mo staff biasa atau level manager), keluarga (istri dan anak) masuk ke dalam tanggungan perusahaan. Tuh kan, enak.


Jadi, menurut kalian lebih enak kerja di Skala Besar atau Kecil??




Adorable


No comments:

Post a Comment