Tuesday, September 11, 2012

PASSION

Semingguan ini setelah gw bekerja di Jakarta, gw udah mulai jadi kompor untuk teman-teman gw yang masih mengais rupiah di luar sana.

Gw panasin, "pulang ajaaa, enakan di sini, murah-meriah, kerjaan banyak kok".

LOL...

Eniwei, dunia kerja itu sebenernya yaa sama aja lah ya jeng, dimana aja, mau di Indonesia atau di luar sana. Karena dimanapun tempat kita kerja, tergantung sama yang namanya PASSION. Dan tiap-tiap orang itu punya pemikiran sendiri, LIKE and DISLIKE itu relatif banget menurut gw, antara gw dan temen-temen laen, beda kenyamanan, tujuan dan motivasi hidup.


Gw suka traveling, suka suasana baru tapi bukan jalan-jalan kesana kemari kaya traveler yang laen. Gw ngga masuk ke dalam group backpacker tapi gw suka "menantang" diri gw sendiri di tempat baru, kerjaan baru, orang-orang baru. Ada "desir-desir" antara excited dan grogi. Ngga tau sejak kapan gw suka pindah-pindah, tapi yang pasti dari seluruh pengalaman kerja gw, paling lama di satu perusahaan itu ya 2tahun.

***

Setelah 3kali berpindah tempat bekerja sejak 2007 dan juga berpindah daerah bahkan sempat pindah negara, kantor ini merupakan kantor ke 4 yang gw "jajal". Kaya kucing beranak ya gw, pindah sana sini. Hehehehe, ini memang salah satu MIMPI gw, pengen nyoba kerja pindah-pindah, asik aja kayaknya ganti suasana (dan ganti pacar).

Semacam gw ini, yang pecicilan dan kebetulan kuliah di non-spesifik major (gw anak sastra) membuat gw cukup kelabakan bak anak SMA yang mo mutusin ngambil kuliah jurusan apa. Sumpah deh, sehabis gw lulusan emang sih gw udah kerja tapi gw NGGA MAU selamanya disana karena there is no career at all for me secara itu kantor IT dan gw kerja sebagai IT Support(only), untuk skill emang mereka milih orang-orang yang cukup bisa berbahasa inggris, tapi pelan-pelan diajari tentang IT untuk nge-guide our customer (yang rata-rata bule) yang punya masalah dengan koneksi internet. Mulai deh tuh, layar item, nge-ping, trace, cek up/download, test speed, router, dll. Cumaaaan emang gw ngga NIAT belajar IT lebih dalam, cukup basic-basic komputer doang dan internet connection sih bisa laah, jadinya gw merasa STUCK disana.

Selepas gw lulus, akhirnya gw "izin" resign, yaeyalah secara itu kantor temennya tante gw, seorang meneer Belanda yang baik hatinya. Sebelum resign, gw berjodoh dengan pekerjaan belakang layar lagi sebagai Sekretaris FO Manager di salah satu hotel bintang lima (taun 2009). Sebenernya gw ngelamar inipun ASAL-ASALAN, waktu itu ada lowongan untuk ASISTEN Manager yaudah, gw lamar aja. Kaget juga gw dipanggil untuk interview, eh pas disana malah ditawarin jadi Sekretaris karena mereka butuh Pria dan berpengalaman dengan hotel untuk bekerja sebagai Asisten.

Gw terima dong, secara emang salah satu dream-job gw itu ya jadi Sekretaris. Gw ngerasa keren aja, punya meja gede sendiri, ada komputer, telepon, akses ke manager-manager jadi ngga sembarang orang bisa merintah-merintah gw. Nah, disitulah gw dapet FEEL as a secretary, kayaknya gw cocok. Mulai deh tuh ya, penggendutan badan karena doyan ngemil sama temen-temen kantor, makanan berlimpah ruah, jus-jusan, kerjaannya cukup banyak, mulai datang dari pagi, siapin keperluan meeting bos. Sehabis meeting mulai typing report, belum lagi ada daily report, weekly report, monthly report. Filing bulanan dari tamu-tamu yang datang, urusan cuti/sakit, tapi tetap ada aja yang namanya keluar kantor trus makan bareng walaupun di hotel sudah disiapkan kantin karyawan dan GRATIS pula. Misalnya nih ya, berkunjung ke rumah karyawan yang sakit, trus pada kelaparan semobil mulai deh itu pada sibuk nyari rumah makan.

Ada juga acara-acara kantor tiap 6bulanan, ada bakti sosial, lumayan banyak sih acara refreshing di hotel tempat gw kerja kemarin. Tapi saat itu, gw sudah mulai diracuni dengan pekerjaan sebagai cabin crew, gw udah mulai liatin walk-in interview, pernah gw ke Jakarta saking teracuninya oleh temen gw ini. Padahal kalo dipikir-pikir, job gw sebagai Sekretaris itu udah cukup banget, sebagai anak baru lulus kuliah, ngga ada BASIC atau experience sama sekali dibidang kesekretarisan, it's kinda amazing loh keterima di hotel berbintang.

Kemudian, setahun kemudian di 2010, nasib membawa gw ke pekerjaan selanjutnya sebagai Airlines Representative di negri Arab, Qatar sana. Ketika itu, seorang teman seorang staff Reservasi mengabarkan bahwa lobby di hotel akan di pakai untuk interview di hari MINGGU besok. Gw tunggu person in chargenya yang ternyata merupakan agent dari Jakarta yang ditunjuk oleh Qatar to held the interview session. Ternyata orangnya lagi pada Shopping, jadi gw tungguin ampe kering di kantor, kebetulan saat itu hari Sabtu cuman kerja setengah hari. Pas gw tau mereka udah balik, langsung gw ke kamar mereka dan gw dikasih selebaran apa yang harus di bawa untuk interview.

Sepulang kerja udah cukup sore, nah tantangannya waktu itu cuman foto seluruh badan aja. Secara hari Sabtu, udah pada tutup, untungnya ada 1 foto studio dan TERKENAL MAHAL yang masih buka, mau gak mau gw kesana. It's worth, foto seluruh badan itu masih gw simpen bahkan ketika ngelamar pekerjaan berikutnya, hahahaha.

Singkat cerita, 7hari kemudian gw dapet kabar kalo gw keterima kerja di Qatar dan harus siap-siap untuk berangkat bulan depannya. Waahh itu kalang kabut banget, secara gw mesti balik kampung yang makan biaya 2kali naek pesawat, trus ke Jakarta lagi. Belum lagi medical, bayaran ke AGENT yang gw baru tau pas sampe ke Qatar ternyata dari negara lain ngga ada yang bayar, cuman dari Indo aja yang bayar-bayaran. Oh damn. Tabungan gw bener-bener abis buat persiapan berangkat.

Pas sampe di Qatar, gw ngerasa fine sama kondisi disana tapi ENGGA dengan kerjaan gw yang kayaknya, everyday is problem. Ngga asik. Ngga seseru pas gw di Indonesia. Gw mulai kangen sama kerjaan gw yang lama, dimana gw kerja independent aja, report to the highest level of management. Di Qatar gw mesti kadang beradu otot ke sesama staff yang males kerja, yang bossy, supervisor yang rewel, penumpang bawel, ah gw ngerasa "I am not belong to this place". Ngga nemu EXCITEMENT atau ENJOY kerja itu ngga dapet.

Again, gw memutuskan untuk RESIGN dan balik ke Indo di tahun 2012. Gara-garanya, kakak gw ngabarin kalo ada bukaan cabin crew job di kampung halaman gw, masih "penasaran" dan emang udah kecapekan di Qatar plus umur gw yang emang udah ngga muda lagi untuk masuk ke dunia cabin crew (as entry level, biasanya mereka matok umur minimal 23-25 tapi kalo cabin crew luar ngga pernah matok umur biasalah yaaa di Indo itu cabin crew harus MUDA supaya gampang diarahkan bukan dilihat dari profesionalitasnya, yhukmariii), gw akhirnya benar-benar resign bukan dalam waktu tenggat. Kan harusnya minimal sebulan notice, gw malahan ngejer 2minggu untuk segera pulang karena kepentok sama jadwal interview yang akan gw datangi. Alhamdullilah lancar, gw ikut 2 interview.

Dan dua-duanya gagal. Hahahahahaha. Padahal gw sudah sampe final stage. Tapi gw NGGA nyesel sama sekali, karena di point ini gw realised, being a cabin crew is NOT my passion. Gw taunya kan cabin crew itu dapet duit banyak, terbang kesana kemari, keren aja gitu.

Tapi dari diri gw sendiri berontak, ketika gw tau gw mesti serve alcohol on board dan pengalaman gw selama di Qatar ketemu penumpang-penumpang dari seluruh belahan dunia itu, it's NOT cool. They are such a pain in the ass and most of them treat us like a slave. Harga diri boookkk yaaaa, harga diri gw rasanya tercabik-cabik. Belum lagi kenyataan bahwa kondisi fisik gw emang ngga sanggup kerja di SHIFT dan gw KANGEN kerja di back office. Gw pengen get a position dimana gw ga perlu diperintah-perintah orang banyak, gw mau kerja lebih independent. Suka-suka gw. Gw pengen dapet meja GEDE untuk diri gw sendiri, drawer untuk simpen makanan, komputer dengan internet kecepatan dewa dan Alhamdullilaaaah, gw dapetin itu sekarang!

Gw sempat nganggur selama 2bulan. 1 bulan pertama gw habiskan dengan interview (dan menunggu) di 2 perusahaan airlines. Dan bulan ke dua, gw udah keterima di 2 perusahaan swasta sebagai Personal Assistant to Director dan Secretary to Director. Meningat saat itu bulan PUASA, gw lebih prefer ke perusahaan yang mau nerima gw abis LEBARAN. Selain melihat pertimbangan Gaji, Lingkungan, dan Jarak tempat kerja, gw menerima tawaran ke dua, cuman setelah keterima, malah "jabatan" gw nambah, Secretary Director and Assist. Human Resource and General Affair. Sekali lagi, Alhamdullilah ngga ada yang sulit so far.

Menilik ke belakang, story kerjaan pasti gw, gw juga sempat ngasih les inggris ke anak-anak. It was fun, pengen banget gw ngajar lagi selain seru, duit les-private itu lumayan loh. Satu yang gw pegang teguh itu adalah CONFIDENCE and KNOWLEDGE. Yakin aja kalo dimanapun, kerjaan apapun, gw pasti dapet! Gw ngga bakal nganggur nyusahin orang tua gw. Itu tekad gw (tentu aja terus doa dan sedekah untuk membuka pintu rezeki darimana saja).

Nah balik lagi ke PASSION tadi, emang ngga gampang nemuin apa yang sebenernya nyaman di kita dan emang sesuai dengan yang kita mau. Sometimes, money can't buy the comfort, environtment, or even the PRIDE yah. Pernah ngerasain punya gaji yang bisa dibilang cukup gede, tapi gw ngerasa kaya Budak, Babu, people ngga respect dan appreciate kerjaan gw. It's useless.

Dari dulu gw ENVY banget sama orang-orang yang udah tau PASSION-nya apa, ngerjain pekerjaannya dengan GAIRAH. Ngga ngeluh yang namanya hari SENIN. Happy. Karena gw dulu terus pindah-pindah kaya kutu loncat, mencari kecocokan dan syukurnya sekarang udah gw temuin lagi gairah yang dulu sempat pudar.


Yang belum nemu, tetep semangat, tetep cari terus ;)

Yeaahh,, let's bring the work ON!!

Adorable




No comments:

Post a Comment